Lady Frizzy's shout: Tips hidup di tempat yang bernama bumi; Melakukan yang Terbaik

Memulai Usaha

Ada banyak orang bercita-cita ingin memulai usaha. Apalagi apabila kita melihat teman atau saudara kita yang sudah sukses karena usahanya berhasil dan memperoleh keuntungan yang besar. Dalam memulai usaha itu sebenarnya yang diperlukan hanyalah sebuah ide. Ide tersebut kemudian diolah setiap kesempatan, ancaman, kekuatan dan kelemahannya hingga menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Berikut Lady akan coba membahas beberapa tahapan dalam memulai usaha sesuai dengan ide yang sudah dicetuskan terlebih dahulu.


Apa gagasan bisnismu?

Gagasan bisnis umumnya sesuai dengan kemampuan atau bakat usahawan yang memulainya. Bahkan ada juga yang memulainya dengan hobi yang sering dilakoni, contohnya bisnis kafe dan perpustakaan karena hobi membaca dan bersantai ria, bisnis penyewaan alat musik karena usahawan tersebut senang bermain musik dan sebagainya. Kalau kita menggeluti bidang yang kira sukai otomatis kita akan mengelola bisnis kita dengan senang hati tanpa adanya paksaan. Namun perlu juga kita memperhatikan kebutuhan pasar, apakah gagasan kita ini memang memiliki pasar atau tidak.

Apa visi dan misi bisnismu?
Visi adalah mimpi, dan Misi adalah hal yang kita lakukan untuk mewujudkan mimpi/visi tersebut. Tentukan visi dan misi bisnis agar langkah usaha dapat terkonsep dan termanage dengan baik. Usaha dengan management yang baik dapat dituntun untuk berkembang. Ancaman dan kelemahan serta resiko dapat diminimalis, dan peluang dan keuntungan dapat diraih. Hasil usahapun dapat diperoleh dengan hasil optimal. Mulailah menulis-nulis untuk menciptakan visi dan misi bisnismu.

Sekarang, Bertindaklah!
Secemerlang apapun gagasan bisnismu, sekeren apapun konsepmu tidak akan membangun usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulai, kelola dan kembangkanlah usahamu dengan percaya diri, ulet dan ketekunan. Sebuah usaha yang sukses itu lahir dari perjuangan dan kerja keras.

Pelajari dan Amatilah!
Begitu banyak referensi dan bahan pelajaran bisnis yang tersedia di sekitar kita. Mulai perhatikan pengusaha lain yang memiliki bidang usaha yang sama dengan kita kemudian pelajari mengapa dia bisa berhasil menjalankannya. Perhatikan strategi bisnis dan manajemen yang mereka gunakan. Setelah mengetahui strategi dan manajemennya, cobalah mengembangkan lebih baik atau malah berbeda agar produk kita unik dan inovatif di mata konsumen.

Hambatan dan Kegagalan, normal dalam usaha!
Bisnis atau usaha bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan kesabaran dan karakter yang kuat dalam menjalankannya. Hadapilah setiap hambatan dan kegagalan yang mendatangi usaha kita. Itu semua akan memperkuat mental dan kreativitas kita dalam mengembangkan usaha kita semakin ke depannya. Mungkin kita akan dibayangi dengan kata "gagal" atau "gulung tikar" tapi itulah nikmatnya hidup. Siapa yang tegar dialah yang bertahan.

Lady Frizzy berdoa semoga anda sukses.

No comments:

Post a Comment